cahUnnes LOG

CahUnneslog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog

Makanan ini Perlu Dihindari Agar Puasa Tahan Seharian

Sahur adalah aktivitas makan untuk bekal atau persiapan untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dan perlu unuk anda ketahui bahwa makanan yang anda konsumsi ketika sahur tentu akan berdampak pada kondisi tubuh anda ketika berpuasa nantinya. Oleh sebab itulah, penting bagi anda untuk memperhatikan menu makanan yang akan anda santap ketika besahur.

Gambar: esensi.co.id
Jangan sampai anda memilih makanan atau minuman yang dapat membuat tubuh anda menjadi lemas sepanjang hari. Yang paling penting adalah sehat dan juga mempunyai gizi seimbang. Namun, untuk kebutuhan berpuasa anda perlu mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, sebut saja hal ini dapat anda dapatkan dari sayur dan buah-buahan. Selain itu, perlu juga bagi anda mengkonsumsi bahan makanan yang dapat membuat anda kenyang dalam waktu yang lebih lama. Serta membuat kandungan gula dalam darah anda jadi lebih stabil.
Perlu juga anda ketahui bahwa ada beberapa makanan yang justru perlu untuk anda hindari. Dan apa saja makanan tersebut? Berikut rinciannya :

1. Seledri
Sayuran ini sebenarnya sehat untuk dikonsumsi, akan tetapi untuk menu sahur lebih baik untuk dihindari pasalnya seledri mempunyai efek diuretik. Hal ini akan berdampak pada anda yang akan sering buang air kecil. Kondisi ini akan membuat cairan dalam tubuh anda menjadi berkurang dalam jumlah yang banyak. Oleh karenanya penting bagi anda untuk mengkonsumsi sayuran namun pilih yang lain saja. Sayuran lain yang juga memiliki efek yang sama adalah mentimun, jadi perlu anda hindari juga.

2. Gorengan
Gorengan adalah makanan yang mengandung lemak dalam dosis yang tinggi. Selain itu, proses pencernaannya pun lebih lama dibandingkan dengan yang lain. Hal ini akan berdampak pada kurang nyamannya perut anda ketika berpuasa.

3. Daging
Daging juga termasuk bahan makanan yang proses cernanya memakan waktu yang cukup lama. Jika memang anda tetap ingin mengkonsumsi daging, konsumsi dalam jumla yang tidak berlebihan dan hanya sedikit saja. Kemudian konsumsi juga sayuran dalam jumlah yang banyak ketika mengkonsumsi daging. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi zat asam yang disebabkan oleh daging.

3. Makanan Kalengan
Ikan sarden dan Makarel merupakan salah satu jenis makanan yang lezat untuk disantap. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa makanan ini mengandung zat garam yang cukup tinggi. Sementara garam sendiri dapat menyerap air di dalam tubuh manusia. Dampaknya adalah kekurangan cairan akan anda alami dan darah pun jadi lebih mengental. Jika memang mengkonsumsi makanan kalengan maka imbangi dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih.

Sumber Tulisan: Asek.us
Show Comments

Popular Post