10 Ide Kreatif Manfaatkan Botol Plastik

Salah satu isu dunia yang kini sedang marak jadi pembicaraan adalah naiknya suhu bumi. Beberapa penyebab kenaikan suhu bumi di antaranya polusi udara dan pe lingkungan.

Salah satu penyumbang terbesar polusi lingkungan adalah dari bahan plastik yang biasa kita gunakan untuk bungkus makanan dan minuman. Sulitnya sampah bahan plastik terurai, menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan dan pemanasan global.

Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk ikut serta melestarikan lingkungan. Kamu bahkan bisa memulainya dari dalam rumah dengan cara yang mudah dan tanpa biaya, yakni mendaur ulang (recycle) barang bekas yang sudah tak terpakai.

Daripada memenuhi gudang atau terbuang sia-sia, Anda bisa mengolah kembali barang bekas menjadi sesuatu yang berguna dan bahkan memiliki nilai seni yang tinggi.

Berikut ini adalah 10 Ide Kreatif Manfaatkan Botol Plastik.

1. Taman Gantung


Di rumahmu banyak terdapat botol bekas? Jangan langsung dibuang begitu saja. Botol tersebut dapat kamu manfaatkan sebagai tempat untuk menanam beragam tumbuhan dan menggantungnya. Jika ruang di rumah sempit, kamu bisa memanfaatkan tembok untuk menggantung tanaman tersebut sehingga menjadi taman gantung.


2. Mozaik


Bagian dasar botol atau gelas plastik bisa jadi media kreatif Kamu untuk mendekorasi rumah. Membuat mozaik pada tembok rumah dengan limbah plastik bisa jadi alternatif dekorasi sekaligus turut terlibat dalam aksi ramah lingkungan. Tak hanya itu, hasilnya pun terlihat menarik dan atraktif. Seru!


3. Tempat Perhiasan


Terkadang mungkin kamu ceroboh meletakan perhiasan di sembarang tempat. Menggunakan bagian bawah botol plastik yang dipotong dan dihaluskan pinggirnya, bisa jadi solusi kamu untuk membuat tempat penyimpanan perhiasan sendiri. Pilih botol plastik berwarna menarik agar terlihat cantik di atas meja riasmu.


4. Tempat Lampu


Selain tempat perhiasan, bagian dasar botol plastik juga bisa menghasilkan karya yang indah, seperti cap lampu gantung. Dengan kreatifitas dan kemauan, Kamu bisa menciptakan sebuah karya seni yang tak kalah berkelasnya hanya dari botol plastik. Biasan cahaya lampu yang terpancar pun terlihat kian dramatis.


5. Sapu


Saat sapu di rumahmu rusak dan dalam keadaan darurat lantai rumah harus segera dibersihkan? Jangan panik, carilah botol plastik dan kreasikan dengan membuat sapu dari limbah tersebut. Tak kalah dengan sapu ijuk atau bahan lainnya, sapu dari bahan botol plastik ini juga ampuh membersihkan rumahmu, dan mudah dibersihkan. Cukup bilas sapu plastik tersebut dengan air, sapu plastik ini pun akan bersih dalam sekejap.


6. Tempat Lampu dari Sendok Plastik


Setelah menggelar acara syukuran, terkadang limbah sendok plastik yang digunakan para tamu datang berlimpah. Jangan langsung dibuang begitu saja karena ternyata bisa diolah menjadi sesuatu yang menarik, yaitu tempat lampu yang unik. Potong bagian bawah sendok, dan gunakan lem untuk saling merekatkannya pada badan botol lalu masukkan lampu untuk meneranginya.

Tak hanya cantik, cahaya lampu pun bersinar remang-remang dan terlihat sangat dramatis. Cocok untuk diletakan di kamar tidur anak sebagai lampu tidur di malam hari.


7. Kanopi untuk Mobil


Apakah mobilmu seringkali terkena hujan saat diparkir di rumah? Kini, Kamu bisa membuat lahan parkiran sendiri untuk kendaraanmu dengan memanfaatkan botol plastik sebagai kanopinya. Lihat kanopi rumahmu pun terlihat unik dan atraktif.


8. Pot Menggemaskan


Bila memiliki tanaman kesayangan, Kamu bisa memanfaatkan dan mengkreasikan botol plastik menjadi potnya. Dengan kreatifitas, Kamu bisa mengubah limbah plastik tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. DIY (do it your self) membuat pot yang satu ini juga dapat dijadikan kegiatan bersama sang buah hati. Sekaligus mengajarkan sistem daur ulang produk sedini mungkin pada anak-anak kita sebgai generasi penerus bangsa.


9. Vas Bunga


Untuk menghiasi ruangan tamu kamu, tak perlu membeli vas mahal. Kamu bisa membuatnya dengan botol plastik yang tidak terpakai. Bentuknya pun menyerupai vas bunga berbahan kristal yang biasanya terpajang di ruang tamu. Keren!


10. Tempat Pensil


Bagi Kamu yang gemar menggambar atau memiliki anak-anak balita di rumah, koleksi pensil gambar dan warna terkadang suka tercecer di sembarang tempat. Dengan menggunakan limbah botol plastik, Kamu bisa membuat tempat pensil untuk meletakkan peralatan gambar dengan rapi.

Sumber: Kaskus

KOMENTAR

Nama

Dunia,6,Entertainment,6,Head,2,Headline,38,Inspirasi,6,Kesehatan,7,Kuliner,1,Lainnya,2,Life Style,19,News,12,Pendidikan,13,Sastra,2,Slide,2,Sosial,14,Teknologi,12,Tutorial,4,Wisata,4,
ltr
item
cahUnnes LOG: 10 Ide Kreatif Manfaatkan Botol Plastik
10 Ide Kreatif Manfaatkan Botol Plastik
https://2.bp.blogspot.com/-PDOiKP2vs5M/Vsv_SOa0mCI/AAAAAAAAY8s/2YY94NeqhII/s640/Gambar%2B1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-PDOiKP2vs5M/Vsv_SOa0mCI/AAAAAAAAY8s/2YY94NeqhII/s72-c/Gambar%2B1.jpg
cahUnnes LOG
http://log.cahunnes.com/2016/02/10-ide-kreatif-manfaatkan-botol-plastik.html
http://log.cahunnes.com/
http://log.cahunnes.com/
http://log.cahunnes.com/2016/02/10-ide-kreatif-manfaatkan-botol-plastik.html
true
8930219822854601423
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy