cahUnnes LOG

CahUnneslog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog

Begini Efek Minum Kopi Sebelum Olahraga


Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak penelitian yang mengumpulkan data tentang manfaat sehat kafein bila masuk dalam tubuh. Kini, para peneliti dari University of Kent menambahkan lagi daftar tersebut. Mereka memberikan data tentang hubungan antara kafein dengan berolahraga.

Kafein adalah stimulan yang akan bertindak untuk mengubah bagaimana kerja otak selama tubuh melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Dilansir dari men'shealth bahwa para peneliti menunjukkan hasil yang didapat dengan cara meminta setengah dari partisipan untuk minum pil kafein sebelum melakukan olahraga dan setengahnya lagi tidak meminumnya.

Hasilnya semua peserta yang diberikan latihan yang sama persis menunjukkan perbedaan dalam hal tenaga yang dikeluarkan. Misalnya saja partisipan kelompok A yang tidak minum pil kafein dinilai tenaganya hanya 6,1 dalam skala 10, sedangkan partisiapn kelompok B yang mengonsumsi pil kafein memiliki nilai tenaga 6,7 dalam skala 10.

Efek tersebut ternyata menunjukkan nilai yang sama meskipun latihan fisiknya bermacam-macam seperti latihan ketahanan, senam aerobik dan latihan dengan intensitas tinggi.

Ketika orang berolahraga maka neuron akan menghasilkan adenosine atau zat kimia yang bisa membuat kita merasa capek atau lelah. Dengan kafein yang ada dalam tubuh maka fungsinya akan menghambat adenosine  sehingga tenaga yang dikeluarkan seolah-olah tidak berkurang atau habis. Hal ini tentu saja membuat latihan lsemakin mudah.

Meskipun jumlah nilai keseluruhan hanya memiliki perbedaan sedikit tapi hasil ini menunjukkan bahwa kafein membantu meningkatkan tenaga ketika berolahraga. Kondisi ini akan membuat latihan apapun menjadi tidak terasa sulit.

Alasan orang jarang atau malas berolahraga karena membutuhkan kerja keras atau energi ekstra. Jadi manfaat dari penelitian ini adalah untuk menghilangkan satu kesulitan ketika orang malas melakukan olahraga. Agar latihan mendapatkan hasil yang maksimal maka kamu bisa mengonsumsi kafein dengan takaran 2mg kafein untuk setiap kilogram berat badan.

[Sumber]
Show Comments

Popular Post