Pesona Hogwarts Benteng Pendem Ambarawa Jawa Tengah

Ambarawa dulunya merupakan kawasan kerajaan yang dikenal dengan nama Limbarawa. Dulu bahkan Ambarawa dikenal sebagai pusat pemerintahan Kota Semarang. Kini, Ambarawa tetep dikenal sebagai kota wisata kuda besi. Salah satunya yang sangat dikenal dari Ambarawa adalah Museum Kereta Api Ambarawa.

Salah satu pesona lain dari Ambarawa adalah keberadaan Benteng Pendem. Benteng Pendem adalah sebutan populer wisatawan bagi sebuah bangunan tua bernama Fort Willem I. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa. Patokannya jika kalian ingin berkunjung kesini, posisinya di belakang RSUD Ambarawa. Lokasi ini memang eksentrik karena menyimpan sejarah yang panjang. Karena keunikannya itulah Benteng Pendem pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Soekarno.

Benteng Pendem, Saksi Bisu Sejarah Indonesia
https://www.instagram.com/erfix/
Mengapa warga menyebutnya Benteng Pendem? Pendem atau Pendhem berasal dari bahasa Jawa yang berarti terpendam. Memang awalnya benteng ini berada dibawah permukaan tanah, terkubur sebagai salah satu strategi melawan musuh. Benteng yang dibangun pada masa kekuasaan Kolonel Hoorn ini masih kokoh berdiri. Padahal sudah dibangun sejak tahun 1834, lebih dari satu abad lamanya.

Benteng Bersejarah yang Ditempati Hingga Kini
https://www.instagram.com/bimasembadha/
Beberapa traveler yang pernah mengunjungi benteng Pendem ini menurutkan bahwa tidak mudah untuk masuk ke dalam Benteng Pendem ini. Pasalnya, kini benteng Pendem ini masih berfungsi dan dijadikan tempat tinggal warga. Salah satu akses dari dua akses yang ada, yaitu melalui Lapas Ambarawa atau melalui RSUD Ambarawa. Sebaiknya kalian meminta izin terlebih dahulu sebelum masuk dan berfoto-foto agar tidak menganggu penghuni.

Menyepi Sendiri di Benten Pendem
https://www.instagram.com/febriamar/
Benteng Pendem ini memiliki bangunan kokoh nan kuat. Lubang-lubang jendela yang lebar dan besar memang tak nampak seperti benteng pertahanan. Diduga, benteng ini dulunya bukan merupakan benteng perahanan, melainkan benteng tempat menyimpan logistik. Sangat berbeda dengan benteng-benteng yang ada yang digunakan sebagai pertahanan dan hadangan musuh.

Benteng Pendem yang Eksotis karena Pesona Sejarahnya yang akan selalu Abadi
https://www.instagram.com/supriantodamanik_economics/
Sebagai bangunan bersejarah, Benteng Pendem ini sudah seharusnya mendapatkan perhatian sebagai salah satu warisan sejarah yang memiliki nilai historis yang tinggi. Buktinya tak banyak informasi yang bisa digali dari Benteng Pendem ini.

Kondisi Benteng Pendem sungguh sangat memprihatinkan. Selain dijadikan sebagai tempat tinggal, juga difungsikan sebagai kandang ayam oleh yang tinggal di Benteng Pendem ini.

Jika saja pemerintah mau, sebetulnya bangunan bersejarah seperti Benteng Pendem ini bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi Sejarah yang menarik. Bahkan, bisa juga menjadi maskot baru bagi Ambarawa sebagai kota Museum Kereta. Apalagi Ambarawa sudah sangat lekat dengan kota wisata sejarah.

Tips dan Panduan Menuju Benteng Pendem Ambarawa Jawa Tengah

  1. Benteng Pendem ini memang bukan wisata umum terbuka, sebaiknya kalian yang berkunjung kesini harus membawa kenalan, jika berani silahkan coba bernegosiasi dan meminta izin kepada petugas lapas atau petugas dekat RSUD Ambarawa.
  2. Sebagian dari bangunan benteng Pendem ini digunakan sebagai lapas dan asrama para penjaga lapas, jadi saat mendapatkan izin masuk, diharapkan menjaga ketenangan dan kebersihan lingkungan.
  3. Didepan pintu Lapas sebetulnya terdapat menara air yang juga usianya sudah lebih dari satu abad.
  4. Lokasi parkir sudah tersedia di area Lapas atau RSUD Ambarawa. Siapkan uang saja untuk biaya parkir kendaraaan.
  5. Lokasi ini juga digunakan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.
  6. Di beberapa lokasi terdapat larangan masuk, mohon patuhi demi keselamatan karena bagimanapun usia bangunan ini sudah sangat tua.

KOMENTAR

Nama

Dunia,6,Entertainment,6,Head,2,Headline,38,Inspirasi,6,Kesehatan,7,Kuliner,1,Lainnya,2,Life Style,19,News,12,Pendidikan,13,Sastra,2,Slide,2,Sosial,14,Teknologi,12,Tutorial,4,Wisata,4,
ltr
item
cahUnnes LOG: Pesona Hogwarts Benteng Pendem Ambarawa Jawa Tengah
Pesona Hogwarts Benteng Pendem Ambarawa Jawa Tengah
https://igcdn-photos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xaf1/t51.2885-15/e35/12552481_1003274829711747_2127329407_n.jpg
cahUnnes LOG
http://log.cahunnes.com/2016/02/pesona-hogwarts-benteng-pendem-ambarawa.html
http://log.cahunnes.com/
http://log.cahunnes.com/
http://log.cahunnes.com/2016/02/pesona-hogwarts-benteng-pendem-ambarawa.html
true
8930219822854601423
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy