cahUnnes LOG

CahUnneslog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog

Sarjana Pendidikan Bisa Lakukan Hal Ini Tanpa Harus Jadi Guru atau PNS

Jumlah lulusan pendidikan di Indonesia telah mencapai ribuan setiap tahunnya. Sedangkan kuota penerimaan guru di Indonesia tidak diimbangi dengan jumlah lulusan yang ada. Kondisi ini sangat tidak menguntungkan bagi lulusan pendidikan saat ini.

Namun, lulusan pendidikan gak harus jadi pegawai negeri kan? Berikut kami rangkum 10 pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang sarjana pendidikan.

1. Jadi relawan pendidikan

indonesiamengajar.org

Indonesia dengan ribuan pulaunya, memiliki masalah dalam hal pemerataan pendidikan. Untuk kalian lulusan pendidikan yang memiliki jiwa petualang serta jiwa sosial yang tinggi, menjadi relawan di daerah terpencil di Indonesia bisa jadi pilihan. Seperti halnya program kemendikbud RI yang bernama "Indonesia Mengajar" dan program SM3T (Sarjana Mengajar di daerah Terluar, Tertinggal dan Terdepan). Dengan mengikuti program-program seperti itu, kalian akan mendapatkan banyak pengalaman serta tentunya meningkatkan kecintaan terhadap Indonesia.


2. Guru les privat
lesprivat.co.id

Menjadi guru les privat dari rumah ke rumah bisa jadi pilihan pekerjaan. Dengan penguasaan materi serta kemampuan berkomunikasi yang baik dengan anak, kalian bisa menjadi guru les baik. Gaji yang didapatkan dari pekerjaan ini pun relatif besar loh, tergantung jenjang pendidikan anak (SD, SMP atau SMA) serta jenis sekolah mereka (Nasional atau Internasional. Secara umum, gaji seorang guru les privat berkisar antara Rp 25.000 - 75.000 untuk setiap pertemuan. Kalian mau coba?


3. Bikin startup buat kalian yang berjiwa bisnis

ruangguru.com

Buat kalian yang memiliki jiwa bisnis seperti dua sekawan Adamas Belva Devara dan Muhammad Iman Usman yang mendirikan startup bernama ruangguru.com, kalian juga bisa mendirikan startup tentunya. Ruang guru sendiri merupakan startup yang bergerak untuk menghubungkan seorang murid dengan calon guru atau pembimbingnya. Saat ini sudah lebih dari 12.000 guru tergabung dalam startup tersebut.


4. Bikin video pembelajaran untuk les online berlangganan

www.zenius.net

Sabda PS, alumni Teknik Informatika ITB memulai revolusi pendidikan di Indonesia dengan menghadirkan bimbingan belajar online melalui zenius.net. Dengan menyediakan pembelajaran serta pembahasan soal-soal melalui video interaktif, zenius mengajak murid-muridnya berpikir secara kritis.

Buat kalian lulusan pendidikan, pembuatan video interaktif untuk pembelajaran bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan loh. Dengan manajemen serta marketing yang baik tentunya, kalian bisa bekerja sama dengan berbagai elemen pendidikan yang ada, kemudian menjualnya.


5. Konselor pendidikan

scha-mi.org

Menentukan jenjang sekolah dan jenis sekolah sesuai dengan minat dan bakat tidaklah mudah, sementara setiap orang memiliki karakter yang beragam. Untuk itu diperlukan seorang konselor pendidikan yang memahami karakter seorang anak serta memahami jurusan yang sesuai dengan karakter serta minat dan bakat seseorang. Untuk kalian, lulusan pendidikan yang berkonsentrasi pada bidang konseling pekerjaan ini bisa jadi pilihan loh.


6. Menceritakan dunia pendidikan melalui tulisan

theodysseyonline.com

Semua orang bisa menulis, namun tidak semua memiliki kemauan untuk melakukannya. Untuk kalian lulusan pendidikan yang mencintai dunia literasi, pekerjaan sebagai seorang penulis tidak ada salahnya loh guys. Kalian bisa menulis dalam kolom-kolom berita tentang dunia pendidikan saat ini, membuat buku sebagai alternatif metode pembelajaran, menulis dongeng yang penuh dengan pesan-pesan kebaikan, dan masih banyak lainnya.


7. Menceritakan dongeng pada anak-anak

thefivedollarstory.com

Kalian menyukai anak-anak? suka berbicara di depan umum? Menjadi storyteller bisa jadi pilihan pekerjaan yang menyenangkan loh guys. Menceritakan dongeng ataupun cerita rakyat dengan berbagai karakter yang kalian kemas dengan sedemikian rupa, kalian bisa disukai anak-anak.


8. Radio announcer

mortensonradio.com

Kalian suka berbicara tapi tidak menyukai keramaian? menjadi radio announcer bisa jadi pilihan. Dengan membawakan acara seputar pendidikan, kalian bisa berpeluang mencerdaskan pendengar loh guys..


Sumber: life.idntimes.com
Show Comments

Popular Post