cahUnnes LOG

CahUnneslog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog

6 Tips Agar Mahasiswa Tetap Sehat dan Bugar


Siapa disini yang masih berstatus mahasiswa? Sebagai mahasiswa, kita tentu memiliki banyak kesibukan terutama yang sudah semester atas. Mulai dari kuliah, tugas, project, buat jurnal/laporan, PKL (praktik kerja lapangan), hingga tugas akhir (skripsi). Selain itu, mahasiswa juga ada yg ikut organisasi sambil kuliah untuk mengasah softskills. Ini membuat hari-hari mahasiswa tidak terlepas dari kesibukan.

Akan tetapi, kesibukannya jangan dianggap remeh ya. Meskipun kita senang kuliah dan berorganisasi, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan kita. Jangan sudah keenakan dengan kesibukannya, kita sampai jatuh sakit. Itu membuat kita repot kan? Nah berikut tips-tips untuk hidup sehat ala mahasiswa yang bisa kamu lakukan.



1. No SKS


SKS disini bukan Satuan Kredit Semester ya tapi SISTEM KEBUT SEMALAM. Tentu para mahasiswa disini sudah pada taulah artinya. Kebiasaan mahasiswa yang mengerjakan tugas di saat detik-detik deadline sangatlah tidak baik. Dikasih deadline tugas 1 minggu tapi kerjainya H-1 sampai tengah malam.

Jadi alangkah baiknya mengerjakan tugas di hari-hari jauh sebelum deadline. Jika tugasnya banyak, cicillah hari demi hari. Jangan gunakan waktu luang kamu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Janganlah buang-buang waktu.



2. Makan Teratur dan Tepat Waktu


Pastikan kamu makan 3 kali dalam sehari dan juga tepat waktu. Terutama sarapan, karena bisa membuat kita semangat memulai hari. Jangan sampai mengorbankan jam makan kita untuk kesibukan. Kita juga perlu istirahat dan refreshing otak kita.

Jaga pola makan juga ya. Jangan makan gorengan atau makanan ringan terus yang bisa bikin kita sakit. Makanlah makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan.



3. Minum Air Yang Banyak


Dilansir dari Health Line, kita perlu minum sekitar 2 liter air per hari, setara dengan setengah galon. Jadi, minumlah air banyak-banyak supaya kita gak rentan sekat terutama saat cuaca panas. Ingat ya, jangan biarkan tubuh kita kekurangan air dan dehidrasi.



4. Rajin Olahraga


Berolahraga dapat membuat badan kita sehat dan energetik. Sempatkanlah diri kita untuk berolahraga minimal 2 kali seminggu, di pagi atau sore hari. Olahraga bisa berupa jalan kaki dan jogging. Jika agan/sista ingin pergi ke tempat yang dekat, alangkah baiknya untuk berjalan kaki ke sana (jika cuaca memungkinkan) atau tidak membawa kendaraan. 

Akan tetapi, tetap jaga kesehatan ya. Olahraga secukupnya, jangan berlebihan atau kita akan jatuh sakit karena kecapekan.



5. Jangan Begadang


Ini nih yang sensitif. Berkaitan juga dengan poin ke-1, jangan kerjain tugas sampai tengah malam apalagi nonton, internetan, dan bermain game. Usahakan untuk tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per hari. Begadang bisa membuat kita capek atau ngantuk saat bangun pagi lho.



6. Beribadah Tepat Waktu


Ingat juga, sebagai orang yang beragama, jangan lupa untuk beribadah tepat waktu ya. Kuatkan iman dan perbanyak amalnya. Jangan sampai kita lupa beribadah hanya gara-gara kesibukan kita.


Nah, itu tips-tips hidup sehat bagi mahasiswa. Intinya, seimbangkan aktivitas dan kebutuhan kita dalam kehidupan sehari-hari. Lakukan segala sesuatu dengan tepat waktu. Jika kita sudah beraktivitas dan capek, segera istirahatkan tubuh kita. Jangan paksalah tubuh kita yang capek untuk bekerja. Semoga bermanfaat ya?


Sumber: Kaskus.co.id 
Show Comments

Popular Post