Waktu Olahraga yang Tepat Dan Bahaya Olahraga Saat Puasa

Berpuasa bukan berarti kita harus malas-malasan, tapi kita tetap bisa melaksanakan aktivitas seperti biasanya, salah satunya olahraga. Olahraga saat puasa akan membantu menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Memang sich, energi yang kita miliki saat puasa tidak sebesar hari biasanya, untuk itu Anda harus pintar mengatur waktu yang tepat dan jenis olahraga yang dipilih saat puasa. Selain itu, ketika memutuskan olahraga, Anda juga harus memastikan kesehatan tubuh dalam kondisi fit. Tidak perlu memaksakan diri berolahraga jika tubuh dalam kondisi sakit.

Panahan (Inggris:Archery) adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah.via mardinusi.blogspot.com

Olahraga yang tepat saat puasa
Pemilihan olahraga yang tepat saat puasa akan membuat Anda enjoy dan merasa ringan menjalankannya. Jenis olahraga yang dipilih tentunya yang tidak banyak menguras tenaga, diantaranya : jalan kaki, bersepeda santai, taichi, yoga, dan lain sebagainya.  Apakah kita harus menghindari olahraga berat? Olah raga berat, seperti : sepak bola, lari, basket, dan lainnya tetap boleh dilakukan, tapi pemilihan waktunya haruslah tepat, misalnya sore hari menjelang buka puasa. Meski demikian, tetap perhatikan kondisi tubuh Anda ya!

Bahaya olahraga berat saat puasa
Meskipun wajib berolahraga saat puasa, namun Anda tetap harus memahami bahwa olahraga berlebihan saat puasa juga dapat membahayakan tubuh, misalnya : Kehilangan cairan tubuh (dehidrasi). Saat dehidrasi kadar gula dalam darah juga akan ikut turun secara berlebihan sehingga membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu pastikan memilih olahraga yang tidak banyak menguras energi dan cairan tubuh.

Waktu yang tepat untuk Olahraga
Pemilihan waktu yang tepat untuk olahraga akan membuat tubuh segar bugar dan pastinya akan membuat Anda tetap fit menjalankan ibadah puasa. Ada beberapa pilihan waktu untuk berolahraga saat puasa, diantaranya :
Pagi hari setelah sahur, karena udara pagi sangat segar dan tidak panas, sehingga olahraga pada waktu itu tidak terlalu menguras energi.  Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga pada sore hari, saat menunggu waktu berbuka. Meskipun hampir masuk waktunya berbuka, namun Anda jangan terlalu memforsir tenaga untuk berolahraga. Pilihlah olahraga yang ringan dan santai agar terhindar dari dehidrasi.

Satu lagi waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa, yakni pada malam hari setelah shalat tarawih. Olahraga pada waktu malam membantu membakar kalori yang berlebihan saat buka puasa. Olahraga malam juga lebih aman, karena Anda tidak perlu cemas akan mengalami dehidrasi. Okey dech, silahkan memilih jenis olahraga apa yang paling Anda sukai, dan tentukan waktu yang tepat untuk menjalankannya. Semoga bermanfaat yaa dan salam sehat!

Belum ada Komentar untuk "Waktu Olahraga yang Tepat Dan Bahaya Olahraga Saat Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel