cahUnnes LOG

CahUnneslog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog

Watu Gunung, Wisata Keluarga Keren di Lereng Gunung Ungaran


Watu Gunung Ungaran atau biasa juga disebut dengan nama Kolam Renang Lerep, merupakan sebuah wisata keluarga yang mengusung konsep wisata alam dan pegunungan. Dibandingkan dengan Eling Bening yang mengusung konsep modern, Watu Gunung Ungaran ini lebih menonjolkan sisi alam dan budayanya.

Di sini kita akan merasakan suasana yang cukup nyaman dengan banyaknya pepohonan, danau dan sungai buatan. Danau buatan di Watu Gunung Ungaran menjadi habitat oleh ikan-ikan hias yang tentunya semakin membuat danau tersebut terlihat menarik.

Selain danau buatan, di Watu Gunung juga masih ada sungai buatan dan kolam renang lho. Di Watu Gunung terdapat beberapa kolam renang yang bisa kita gunakan untuk mandi, kolam renang di Watu Gunung ini sangat jernih karena bersumber dari air alami.

Apa yang Menarik di Watu Gunung Ungaran ?

Watu Gunung Ungaran atau biasa juga disebut dengan nama Kolam Renang Lerep merupakan sebuah wisata keluarga yang mengusung konsep wisata alam dan pegunungan.


Dibandingkan dengan Eling Bening yang mengusung konsep modern, Watu Gunung Ungaran ini lebih menonjolkan sisi alam dan budayanya. Disini kita akan merasakan suasana yang cukup nyaman dengan banyaknya pepohonan, danau dan sungai buatan.

Danau buatan di Watu Gunung Ungaran menjadi habitat oleh ikan-ikan hias yang tentunya semakin membuat danau tersebut terlihat menarik. Selain danau buatan, di Watu Gunung juga masih ada sungai buatan dan kolam renang lho.

Di Watu Gunung terdapat beberapa kolam renang yang bisa kita gunakan untuk mandi, kolam renang di Watu Gunung ini sangat jernih karena bersumber dari air alami.

Tak sampai situ saja, tempat wisata Semarang satu ini juga dilengkapi dengan Rumah Adat Jawa Tengah atau Rumah Joglo lengkap dengan peralatan gamelannya yang nampak artistik, tak jarang lokasi ini digunakan sebagai background foto prewedding atau sesi foto model.

Puas berkeliling dan mandi di kolam renang, kini kamu bisa istirahat di pendopo dan gazebo-gazebo yang sudah disediakan. Ketika berkunjung ke Watu Gunung Ungaran kita tidak perlu kawatir kelaparan karena wisata ini juga menyediakan tempat makan dengan berbagai menu khas Jawa.


Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Watu Gunung Ungaran

Memancing
Nah, bagi kamu yang hobi memancing, kita bisa memancing di danau buatan Watu Gunung Ungaran ini, kamu bisa menyewa peralatan pancing yang sudah disediakan, lalu kamu dapat menuntaskan hobi memancingmu.

Hunting Foto
Keunikan dari wisata Watu Gunung Ungaran ini ternyata menarik banyak fotografer dan wisatawan, tak jarang lokasi Watu Gunung digunakan sebagai background foto prewedding atau video klip lho. Nah bagi kamu yang ingin hunting foto dengan menggunakan kamera DSLR maka kamu harus meminta izin dan membayar terlebih dahulu pada pengelola ya.

Berenang
Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Watu Gunung Ungaran lebih memilih untuk berenang, di Watu Gunung Ungaran ini ada sekitar 3 kolam renang yang bisa kita gunakan untuk berenang, kolam-kolam ini memiliki luas dan kedalaman yang berbeda beda, tinggal pilih saja sesukamu.

Kerennya lagi, air di kolam renang Watu Gunung Ungaran ini sama dengan air di kolam Umbul Sidomukti, yaitu bersumber dari air alami, jadi terasa sangat segar.

Walaupun Watu Gunung Ungaran masih kalah populer dengan wisata-wisata sejenis di Semarang, tapi keindahan Watu Gunung Ungaran tak boleh kita remehkan. Selain itu Watu Gunung Ungaran ini bisa menjadi pilihan alternatif wisata keluarga di Kabupaten Semarang yang cukup direkomendasikan.


Fasilitas :

  1. Danau Buatan
  2. Sungai Buatan
  3. Pemancingan
  4. Warung Makan
  5. Tempat Parkir
  6. Toilet
  7. Kolam Renang
  8. Gazebo
  9. Pendopo
  10. Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Watu Gunung Ungaran:
Rp. 20.000/orang

Jam Buka:
Setiap hari 08:00 – 16:00 WIB

Akomodasi  (Penginapan)
Untuk penginapan, kamu bisa mencari di pusat Kota Ungaran, tapi tenang, kelak wisata Watu Gunung ini akan menjadi sebuah resort yang menyediakan penginapan dengan pemandangan alam yang cukup indah kok.


Lokasi:
Alamat ; Jl. Srikandi Raya no,1 Desa Lerep, Ungaran Barat, Kaupaten Semarang 50519, Jawa Tengah.
18 km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Semarang-Surakarta (37 menit)
33 km dari pusat Kota Salatiga melalui Jl. Semarang-Surakarta (46 menit)
(perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Rute Menuju Watu Gunung Lerep Ungaran
Untuk menuju ke Watu Gunung cukup mudah, pertama dari pusat Kota Semarang atau darimanapun kamu berada, kamu harus menuju ke Alun Alun Lama Ungaran, dari situ kamu pilih jalan yang menanjak (arah Desa Lerep/Bukit Lerep), ikuti saja jalan tersebut hingga kamu menemukan lokasi wisata Watu Gunung di kiri jalan bertulisakan “Watu Gunung”. Atau jika kamu takut tersesat, kamu bisa bertanya ke masyarakat sekitar.

Tips Berlibur ke Watu Gunung Lerep Ungaran:
Waktu terbaik untuk berkunjung ke Watu Gunung Ungaran adalah di hari biasa, karena saat weeken dan hari libur pengunjung disini cukup ramai.

Bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi (mobil/motor)
Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
Jika kamu membawa kamera DSLR, kamu akan dikenakan biaya tambahan sekalipun kamu bukan fotografer profesional.




Wisata Terdekat dari Watu Gunung Ungaran (- 1 jam)

Curug Lawe dan Benowo (16 menit)
Curug Lawe dan Benowo merupakan salah satu air terjun terindah di Kabupaten Semarang, kedua air terjun tersebut (Lawe dan Benowo) memang masih satu kawasan, jadi kita bisa mengunjungi keduanya sekaligus.

Kolam Renang Siwarak (41 menit)
Kolam Renang Siwarak merupakan sebuah wisata yang sudah cukup populer bagi masyarakat sekitar, tak hanya menyediakan kolam renang saja, namun wisata ini juga menawarkan pemandangan pegunungan yang nampak indah.

Sumber: www.brobali.com
Show Comments

Popular Post