cahUnnes LOG

CahUnneslog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog

Imam Berambut Gimbal yang Viral di Sosmed Belajar Melantunkan Al Quran Autodidak


Sofyan Alop mendadak menjadi bahan perbincangan karena suara merdunya saat mengimami salat. Sebenarnya, belajar dari mana pria berambut gimbal ini?

Menurut pengakuannya, Sofyan kerap menonton video imam-imam besar saat melantunkan ayat suci Alquran di YouTube. Ia belajar autodidak.

"Saya nggak tahu karena bakat alam atau apa. Setelah ke sini-sini, saya tuh selalu setiap hari dengar YouTube imam-imam besar, saya coba ikutin irama mereka, tapi saya coba pakai irama sendiri," ujar Sofyan seperti dilansir detikcom, Sabtu (29/7/2017).

Sofyan mengaku terinspirasi dari suara para ulama besar seperti imam besar Masjidil Haram Abdurrahman as-Sudais, Anas Bourak, hingga Syaikh Misyari Rasyid.

"Saya punya ciri khas sendiri, dan saya kolaborasi suara mereka. Itu kalau salat magrib, biasanya saya di rakaat pertama dan kedua sengaja tidak sama nadanya. Misalnya rakaat pertama saya bikin imam Abdurrahman as-Sudais rakaat kedua imam Syaikh Misyari Rasyid," tutur Sofyan.

Dalam video yang viral, Sofyan sedang memimpin salat magrib berjamaah di rakaat kedua. Ia membacakan surat Al-Fatihah dan Al-Jumuah. Sofyan mengatakan, irama yang ia lantunkan di rakaat kedua hasil ciptaan sendiri.

"Rakaat kedua irama saya sendiri ciptain, saya improve saja. Rakaat pertama lupa," kata Sofyan.

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba kagum dengan suara merdu Sofyan. Menurutnya, awalnya sang gubernur sempat memandang sebelah mata karena penampilannya.

"Saya disuruh jadi imam, ya sudah saya maju dan kebetulan ada Pak Gubernur Maluku Utara yang sedang salat jamak.
Pas saya maju jadi imam, Pak Gubernur ini biasalah dengan ekspektasi negatif atau apa. Lalu pas saya baca surat Al-Fatihah beliau kagum dan mundur ke belakang duduk," cerita dia.


Show Comments

Popular Post