cahUnnes LOG

CahUnneslog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog

10 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Stres


Stres adalah salah satu gangguan jiwa yang tidak boleh disepelekan atau dibiarkan begitu saja. Stres bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti masalah dalam kerjaan, masalah dengan rumah tangga, masalah dengan karier, dan lain sebagainya.

Masalah itulah yang nantinya akan membuat pikiran jadi merasa tertekan dan akhirnya terjadi gangguan. Berbicara mengenai stres, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengatasinya. Nah, untuk mencegahnya, yang paling utama bagi kita adalah jangan terlalu berlebihan dalam memikirkan suatu permasalahan.

Ya, kita harus bisa mengontrol perasaan dan pikiran dengan baik, agar tidak berlebihan dalam berbagai hal. Misalnya saja, kita mengharapkan sesuatu terlalu berlebihan, ketika sesuatu itu tak jadi terwujud maka yang ada kita menjadi kecewa dan muncul stres.

Untuk mengatasi stres, pilihlah cara yang termudah, tercepat dan juga ampuh untuk menghilangkan stres. Banyak cara yang bisa dilakukan, dan biasanya cara yang terbaik untuk menghilangkan stres adalah hal yang bisa membuatnya bahagia. Nah, berikut ini beberapa cara ampuh dan cepat mengatasi stres:

1. Musik
Pasti ada salah satu atau beberapa jenis musik atau lagu yang anda sukai kan? Nah, jika anda stres, mendengarkan musik adalah salah satu cara ampuh untuk meringankan beban pikiran anda. Dengan mendengarkan musik kesukaan anda, pasti anda akan terbawa suasana dari lirik dan nada dari musik yang anda dengarkan, sehingga anda akan lebih rileks dan sejenak melupakan beban pikiran.


2. Hobi
Anda tentu memiliki hobi bukan? Jika anda memiliki hobi, melakukan aktifitas yang menjadi hobi anda akan membuat anda merasa lebih senang, nyaman, dan pikiran menjadi lebih tenang. Karena dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan, anda akan menjadi terhibur, dan pikiran pun menjadi lebih tenang.


3. Rekreasi/berlibur
Siapa yang tidak suka berlibur atau rekreasi? Setiap orang pasti menyukainya. Jika anda mengalami stres yang mungkin sulit untuk diatasi, berliburlah ke tempat yang jauh yang belum pernah anda kunjungi dan menurut anda anda sangat menyukai tempat itu. Nah, ketika anda mendatangi tempat itu dan sampai pada tujuannya, anda pun akan merasa terkesan dengan tempat itu, dan akhirnya stres bisa teratasi.


4. Tertawa
Tertawa bisa membuat hati dan pikiran terasa lebih ringan, itulah ungkapan dari sebagian besar orang. Ya, dengan tertawa, anda bisa melepaskan semua penan dan beban pikiran. Bergaulah dengan banyak teman dan tertawalah dengan mereka semua. Saat anda stres jangan memilih untuk menyendiri. Keluar ruangan dan temui teman-teman anda lalu berbincanglah hingga anda bisa tertawa senang.


5. Berteriak
Berteriak dengan nada yang keras dan lantang juga merupakan cara ampuh untuk mengatasi stres yang anda alami. Setiap orang pasti memiliki beban pikiran. Orang yang merasa tidak kuat pasti akan stres dan bingung mau apa. Jika anda bingung, maka berteriaklah yang keras dan lantang di tempat sepi. Hal ini akan membuat hati dan pikiran anda terasa lebih ringan.


6. Berolahraga
Pasti ada banyak jenis olahraga yang anda sukai. Untuk menghilangkan stres, maka berolahragalah secara rutin setiap harinya. Karena olahraga berperan penting dalam segala elemen dalam tubuh, dari meningkatkan sirkulasi hingga memperkuat jantung. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meringankan beban pikiran anda. Karena dengan olahraga, selain tubuh anda yang fresh juga pikiran dan hati anda menjadi fresh.


7. Meditasi
Meditasi merupakan cara yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Untuk meditasi, maka mulailah dengan pergi yang tenang dan sepi, tutup mata anda, tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan pikiran anda dari tubuh. Dalam meditasi anda dapat bebas memikirkan dan membayangkan sesuatu nyaman termasuk yang bukan realita. Tidak ada kecemasan disini, tidak ada deadline, tidak ada tekanan atau kesakitan. Lepaskan semua rasa cemas dan takut anda.


8. Menulis dan melukis
Anda hobi menulis dan melukis? Jika benar iya, maka ini merupakan hal baik bagi anda. Karena dengan menulis dan melukis akan membantu menghilangkan stres anda. Mengapa demikian, karena dalam hal ini, anda bisa menuliskan segala kecemasan anda di kertas. Coba tulis mengenai dilema anda, dan segala bentuk frustasi Anda ke dalam kertas. Anda juga bisa menuangkan perasaan dan pikiran anda ke dalam karya seni lukis.


9. Mandi dan berendam
Mandi dengan berendam memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi mandi dengan air hangat, pasti akan sangat menyenangkan dan menenangkan. Mandi dan berendam akan membantu mengatasi stres sebab ampuh untuk penyembuhan hingga penenangan diri. Stimulus dari suasana ini, mampu mengingatkan tubuh dan pikiran seseorang kepada suasana saat berada di rahim sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh.


10. Berpikir positif
Jika anda ingin terhindar dari stres, maka berpikirlah positif dalam segala hal. Karena pada dasarnya stres datang akibat pikiran negatif yang tidak bisa hilang dari diri sendiri. Sebisa mungkin anda menerima beban pikiran dalam hidup anda, maksudnya adalah dengan berpikir positif bahwa apa yang dialami merupakan ujian yang diberikan oleh Sang Pencipta. Dengan demikian, apapun yang menimpa dirinya pasti akan bisa diatasi dengan lebih baik dan lebih maksimal, karena selalu bisa berpikir positif dan mampu mengambil hikmahnya.


Sumber: www.manfaatcantiksehat.com
Show Comments

Popular Post