cahUnnes LOG

CahUnneslog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog

6 Jurusan Kuliah Paling Langka di Indonesia


Bagi Anda yang akan kuliah, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan Anda di jurusan ini.

Jurusan ini memang sangat jarang ditemui, tapi bukan berarti tidak punya prospek kerja yang bagus. Apalagi, karena hanya sedikit yang kuliah, tentu kesempatan kerjanya juga akan lebih besar.

Berikut beberapa jurusan langka di Indonesia

1. Sastra Rusia
Tentu kuliah di jurusan sastra Rusia pastinya akan belajar tentang bahasa Rusia. Nah, jurusan ini hanya ada di Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran.

Peluang kerjanya bisa bekerja di berbagai perusahaan internasional atau bekerja di instansi pemerintah yang ada di Rusia.


2. Kriminologi
Jurusan kriminologi bisa Anda temukan di tiga universitas. Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau. Belajar di jurusan ini akan mempelajari tentang penegakan hukum, kriminologi transnasional, hingga jurnalistik kriminal.

Peluang kerjanya tentu di berbagai sektor penegakan hukum atau jurnalis berita.


3. Oseanografi
Jurusan ini hanya ada di Intsitut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro. Meski tidak terkenal, tapi jurusan ini sangat penting dan prospek kerjanya juga bagus sekali.

Anda akan belajar berbagai topik mengenai organisme laut, ekosistem, arus, gelombang, dan berbagai hal penting seputar kelautan. Karena lulusan oseanografi ini masih sedikit, tentu persaingan dalam dunia kerja juga lebih mudah!


4. Teknik Nuklir
Di Indonesia, jurusan teknik nuklir hanya terdapat di Universitas Gadjah Mada. Anda akan mempelajari ilmu nuklir dan pemanfaatan nuklir di berbagai bidang keilmuan.

Peluang kerjanya juga cukup bagus, kok! Contohnya, menjadi ilmuwan, bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir, atau di perusahaan riset.

5. Astronomi
Banyak yang belum tahu kalau di Indonesia juga ada jurusan astronomi. Jurusan ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung, satu-satunya di Indonesia.

Konon, persaingan untuk bisa diterima di jurusan ini sangat berat. Anda akan mempelajari asal-usul benda langit, sifat kimia dan fisika, serta ilmu angkasa luar lain.


6. Teknobiomedik
Jurusan ini tergolong sangat jarang peminatnya. Padahal prospek kerjanya luar biasa karena berperan penting dalam dunia pengobatan.

Jurusan ini hanya bisa ditemukan di Universitas Airlangga. Anda akan mempelajari gabungan ilmu teknik dengan ilmu kedokteran di sini.


Sumber: Tribunnews.com


Show Comments

Popular Post