Beberapa Alasan Mahasiswa Enggan Menikah Saat Kuliah


Menikah merupakan sebuah proses yang sangat kompleks  dengan melibatkan fisik, pikiran, mental, dan keberanian untuk menempuh kehidupan yang jauh berbeda dari sebelumnya.

Namun di jaman sekarang, menikah muda masih menjadi suatu hal yang tabu dan asing apalagi dikalangan mahasiswa. Banyak hal yang akan terjadi ketika seseorang sudah menikah, seperti tanggung jawab yang semakin besar. Namun tidak hanya itu saja yang menyebabkan para mahasiswa takut menikah saat mereka masih kuliah.

Berikut beberapa alasan yang menyebabkan para mahasiswa lebih memilih untuk tidak menikah saat kuliah.


Kuliah Lebih Penting


Kebanyakan mahasiswa pasti akan berpikiran hal yang sama, yaitu kesibukan kuliah itu meropatkan. Baik dari jadwal kuliah yang padat, aktivitas organisasi, tugas yang menumpuk, praktikum, dan lain sebagainya.

Bisa dibayangkan dengan kesibukan kuliah harus ditambah dengan mengurus pekerjaan rumah tangga hingga harus menyelesaikan masalah yang timbul di antara suami istri dan belum lagi jika anak sudah lahir. Bayangan-bayangan tentang hal itu sudah pasti sangat mengerikan, betapa merepotkannya mengurus rumah tangga sambil kuliah.

Dengan begitu banyak mahasiswa yang akhirnya memilih lebih fokus kuliah untuk mengejar cita-cita dan karir, daripada mengurus rumah tangga yang kemungkinan akan menyebabkan terlantarnya perkuliahan.


Tidak Mendapat Izin Orangtua


Di jaman sekarang, sedikit orang tua yang akan dengan rela untuk memberikan izin anaknya untuk menikah apalagi masih dalam status mahasiswa. Mereka beranggapan bahwa percuma saja kuliah dengan biaya mahal-mahal kalau nanti kuliahnya akan terbengkalai.

Terkadang orangtua melarang anaknya menikah bukan karena tidak merestuhi hubungan cinta anaknya, namun mereka memiliki pertimbangan lain yang menurut mereka lebih baik untuk anaknya.


Tanggungjawab yang Lebih Besar


Ketika menikah sudah tentu akan memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar terhadap pasangan dan anaknya nanti, apalagi bagi pria. Karena tidak hanya kebutuhan materi yang harus dipenuhi, tapi banyak kebutuhan lainnya seperti rasa aman fisik dan psikis.

Ketika masih menjadi mahasiswa, tanggung jawab hanya kepada orang tua dan diri sendiri dalam menyelesaikan apa yang diinginkan. Namun ketika sudah menikah akan lebih banyak lagi tanggung jawab yang akan dipikul, bukan hanya diri sendiri namun juga pasangan dan anaknya.


Belum Siap Finansial 


Mungkin ini merupakan salah satu hal penting yang sangat mempengaruhi mengapa kebanyakan mahasiswa tidak ingin menikah saat kuliah. Tidak dipungkiri banyak dari mahasiswa yang masih bergantung pada biaya dari orang tua, meskipun tidak jarang mahasiswa yang sudah bekerja saat kuliah. Dengan biaya kuliah yang mahal, pasti akan sangat berat jika harus menafkahi keluarga.

Apalagi bagi mahasiswa yang sepenuhnya bergantung pada biaya dari orang tua, dia bahkan belum siap secara financial sehingga nanti bisa menjadi beban orang tua.

Demikian beberapa hal atau pendapat dari kebanyakan mahasiswa yang tidak ingin menikah saat masih kuliah. Beberapa hal tersebut hanyalah pendapat dari kebanyakan mahasiswa yang memang tidak ingin menikah di usia muda/kuliah. Padahal sebenarnya, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan saat seseorang menikah muda atau mahasiswa menikah sambil kuliah. Namun, menikah muda atau menikah sambil kuliah adalah pilihan dari masing-masing mahasiswa.


Sumber: satujam.com

KOMENTAR

Nama

Dunia,6,Entertainment,6,Head,2,Headline,46,Inspirasi,7,Kesehatan,12,Kuliner,1,Lainnya,4,Life Style,30,Mahasiswa,1,News,13,Pendidikan,21,Sastra,2,Slide,2,Sosial,23,Teknologi,12,Tutorial,4,Wisata,4,
ltr
item
cahUnnes LOG: Beberapa Alasan Mahasiswa Enggan Menikah Saat Kuliah
Beberapa Alasan Mahasiswa Enggan Menikah Saat Kuliah
https://2.bp.blogspot.com/--7awmI7NQjU/WqsQEeXw9jI/AAAAAAAAeVM/IwygstNps347Z8aG03dC8V1DEGNBImHnACLcBGAs/s640/Nikah.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/--7awmI7NQjU/WqsQEeXw9jI/AAAAAAAAeVM/IwygstNps347Z8aG03dC8V1DEGNBImHnACLcBGAs/s72-c/Nikah.jpeg
cahUnnes LOG
https://log.cahunnes.com/2018/03/beberapa-alasan-mahasiswa-enggan.html
https://log.cahunnes.com/
https://log.cahunnes.com/
https://log.cahunnes.com/2018/03/beberapa-alasan-mahasiswa-enggan.html
true
8930219822854601423
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy