Cara Praktis Membuat dan Membaca QR Code


Apa itu QR Code? QR Code merupakan suatu jenis matriks kode atau bar code dua dimensi yang dibuat dan dikembangkan oleh Denzo Wave (Jepang) yang pada waktu itu merupakan sebuah divisi Denso Corporation, sebuah perusahaan Jepang yang masih merupakan bagian dari Toyota group.

QR merupakan singkatan dari Quick Response, sebuah harapan dari pembuatnya bahwa kode ini akan cepat didecode. Awalnya, QR Code digunakan untuk mendata sparepart kendaraan dalam perusahaan, namun kini penggunaannya semakin meluas apalagi setelah spesifikasi QR Code dilepas ke publik.

Tidak seperti bar code yang hanya satu sisinya saja yang mengandung data, QR Code mempunyai dua sisi yang berisi data, dan ini membuat QR Code lebih banyak memuat informasi dibandingkan bar code. QR Code misalnya, dapat menampung informasi berupa URL suatu website yang nantinya dapat digunakan pada majalah, iklan, atau media lainnya, sehingga ketika seorang pengguna hape berkamera dan mempunyai aplikasi pembaca QR Code dapat langsung men-scan dan masuk ke website yang dimaksud tanpa perlu mengetikkan alamatnya.

Selain alamat URL website, QR Code dapat digunakan untuk menyimpan data teks mengenai informasi produk atau hal lain, SMS, atau informasi kontak yang mengandung nama, nomor telepon, dan alamat. QR Code juga dapat dibaca dari segala arah dengan hasil yang sama sehingga meminimalkan kesalahan baca akibat salah poisisi QR Code. Canggih bukan?

Aplikasi QR Generator (pembuat kode QR) dan QR Reader (membaca kode QR)


Untuk menghasilkan suatu gambar atau simbol QR Code, suatu informasi di-encode melalui suatu aplikasi QR Code generator. Untuk yang berbasis web, dari sekian banyak aplikasi QR Code generator yang dapat digunakan, cobalah aplikasi di bawah ini:
- Kaywa QR Code

Dan untuk membaca QR Code, anda bisa menggunakan QR Code reader atau scanner berikut ini:
- ZXing Decoder Online

Bagi anda yang menggunakan ponsel yang sudah bisa membaca QR Code, cukup arahkan camera ponsel anda ke kode QR. Beberapa hape Nokia tipe N9x sudah dilengkapi dengan fitur Nokia Barcode Reader pre-installed.

Untuk memudahkan fungsi dari QR code reader, anda bisa mencoba simulasi dibawah ini:

1) Pada gambar dibawah, klik kanan dan simpan (save image as) gambar tersebut ke dalam komputer anda.


2) Buka situs QR reader ZXing Decoder
3) Setelah masuk ke website ZXing Decoder, ambil/pilih gambar yang tadi anda simpan dengan mengklik tombol 'Browse' atau 'Telusuri'.
4) Setelah kode QR tadi dipilih, klik tombol 'Submit Query' atau 'Kirim Kueri'
5) Selamat! sekarang anda dapat membaca pesan yang ada pada gambar kode QR tadi.


Mudah bukan? Kalo sudah tahu caranya pasti mudah donk... hehe..

Sumber: http://penghuni60.blogspot.co.id

Belum ada Komentar untuk "Cara Praktis Membuat dan Membaca QR Code "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel