Menjadi Aktuaris, Peluang Menjanjikan untuk si Ahli Matematika


Walaupun matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran tersulit di Indonesia, jumlah siswa yang menganggap pelajaran ini sebagai sesuatu yang menyenangkan juga tidak kalah banyak. Jika kamu salah satunya, kamu bisa memanfaatkan kecintaan kamu ini untuk berkarier, lho.

Siapa bilang jago matematika hanya bisa jadi guru. Banyak pekerjaan yang membutuhkan keahlian kamu, Sobat. Salah satunya adalah profesi yang menerapkan ilmu aktuaria. Orang yang menekuni profesi dengan keahlian aktuaria atau biasa disebut aktuaris ini masih terbilang sedikit. Eits, walaupun begitu, lulusan aktuaria justru menjadi lulusan paling dicari oleh perusahaan.

Sebenarnya apa itu aktuaria?

Apa yang kamu pikirkan saat pertama kali mendengar kata aktuaria? Kata ini mungkin sekilas terdengar serupa dengan kata akuaria, tapi aktuaria tidak ada hubungannya sama sekali dengan air atau bahkan akuarium, Sobat. Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu ini mengkombinasikan ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Tahukah kamu? Ternyata baik di luar negeri maupun di Indonesia seorang ahli aktuaria termasuk kelompok profesi elit dengan penghasilan yang cukup tinggi, lho.

Memangnya apa sih tugasnya?

Menurut Society of Actuaries dan Casuality Actuarial Society, seorang aktuaris memiliki 3 peran penting dalam sebuah perusahaan, yaitu:

Melakukan evaluasi kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi pada event yang akan diselenggarakan. Tentunya menggunakan angka, bukan bola ramalan, menyusun strategi kreatif untuk mengurangi kemungkinan terjadinya sesuatu yang tidak diharapkan, menekan dampak yang akan muncul dari kejadian tidak terduga.

Sedangkan menurut Wikipedia, aktuaris adalah ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual dengan analisis kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial, khususnya yang berhubungan dengan besar pembayaran.

Siapa yang mencari si aktuaris?

Ada berbagai perusahaan yang membutuhkan seorang ahli aktuaria. Hampir semua perusahaan yang memproduksi produk jangka panjang akan membutuhkan kamu, seperti perusahaan yang bergerak dibidang berikut:


  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Umum/Kerugian
  • Kesehatan
  • Pensiun
  • Manfaat Karyawan
  • Kebijakan Sosial
  • Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko


Kenapa banyak dicari?

Selain karena kemampuannya memperkirakan masa depan keuangan perusahaan, alasan yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan yang sangat dibutuhkan, terutama oleh perusahaan asuransi adalah adanya keputusan pemerintah yang mewajibkan semua perusahaan asuransi memiliki setidaknya satu orang aktuaris.

Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 426/KMK.06/2003 pada BAB III Pasal 16 berbunyi

“Perusahaan asuransi jiwa harus mengangkat seorang aktuaris sebagai aktuaris perusahaan yang memiliki kualifikasi sebagai aktuaris dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) atau asosiasi sejenis dari luar negeri yang terdaftar sebagai anggota penuh International Association of Actuaries.”

Keputusan tersebut menyebabkan banyak perusahaan asuransi saling berkompetisi untuk merekrut ahli aktuaria yang jumlahnya masih terbatas. Lulusan baru yang belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya pun tidak akan kesulitan mendapat pekerjaan jika kamu sudah memiliki kualifikasi seorang aktuaris dari PAI.

Tidak sembarangan orang bisa jadi aktuaris, lho.

Di Indonesia, seorang aktuaris dengan gelar resmi yang disebut Fellow Society of Actuaries of Indonesia (FSAI) dan dikeluarkan oleh PAI akan lebih diminati karena dianggap lebih mampu melakukan perencanaan. Tidak sembarangan orang bisa memperoleh gelar ini, karena baru bisa kamu dapatkan setelah lulus 10 mata ujian ini:


  • Matematika Keuangan
  • Probabilita dan Statistika
  • Ekonomi
  • Akuntansi
  • Metoda Statistika
  • Matematika Aktuaria
  • Pemodelan dan Teori Risiko
  • Investasi dan Manajemen Aset
  • Manajemen Aktuaria
  • Aspek Aktuaria Dalam


Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menguasai 10 mata ujian tersebut adalah sekitar 7-8 tahun. Lama? Tentu, karena itulah tidak semua orang bisa menjadi aktuaris. Butuh ketekunan untuk bisa mengantongi gelar ini.

Jangan sedih dulu, ini solusinya untuk bisa segera jadi aktuaris.

Kamu bisa mengurangi jumlah mata ujian yang perlu kamu kuasai dengan mengambil jurusan aktuaria. Tidak perlu keluar negeri, di Indonesia sudah ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah membuka jurusan ini dan bekerja sama dengan PAI.

Jadi, saat kamu lulus dari PTN tersebut, kamu bisa menguasai sisa mata ujian yang belum kamu dapatkan sambil bekerja dengan penghasilan yang cukup.

Gimana, Sobat? Tertarik menjadi seorang aktuaris?


Sumber: Okezone.com

KOMENTAR

Nama

Dunia,6,Entertainment,6,Head,2,Headline,46,Inspirasi,7,Kesehatan,12,Kuliner,1,Lainnya,4,Life Style,30,Mahasiswa,1,News,13,Pendidikan,21,Sastra,2,Slide,2,Sosial,23,Teknologi,12,Tutorial,4,Wisata,4,
ltr
item
cahUnnes LOG: Menjadi Aktuaris, Peluang Menjanjikan untuk si Ahli Matematika
Menjadi Aktuaris, Peluang Menjanjikan untuk si Ahli Matematika
https://3.bp.blogspot.com/-Xpzycq6gpEU/WpbAfnQ2gPI/AAAAAAAAd_k/BPdSk_496QkRoZWGOeIGb3ZhAltXuph-wCLcBGAs/s640/Aktuaria.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Xpzycq6gpEU/WpbAfnQ2gPI/AAAAAAAAd_k/BPdSk_496QkRoZWGOeIGb3ZhAltXuph-wCLcBGAs/s72-c/Aktuaria.jpg
cahUnnes LOG
https://log.cahunnes.com/2018/02/menjadi-aktuaris-peluang-menjanjikan.html
https://log.cahunnes.com/
https://log.cahunnes.com/
https://log.cahunnes.com/2018/02/menjadi-aktuaris-peluang-menjanjikan.html
true
8930219822854601423
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy