Tips dan Trik Jitu Agar Skripsi Cepat Selesai


Skripsi merupakan tugas akhir sebagai syarat kelulusan mahasiswa untuk menjadi seorang sarjana yang sering jadi momok bagi mahasiswa tahap akhir untuk menyelesaikan studinya. Tidak semua mahasiswa punya kemampuan atau bakat dalam membuat sebuah rangkaian penelitian dalam bentuk sebuah hasil akhir skripsi untuk di uji sebagai syarat kelulusan menjadi seorang sarjana. Tak jarang, syarat skripsi ini membuat mahasiswa sering mengalami pikiran buntu, akhirnya malas mengerjakan dan berujung kuliah tak kunjung selesai.

Angkernya pembuatan skripsi sering ditambahi beberapa mitos yang beredar dikalangan mahasiswa bahwa sepintar apapun mahasiswa dan secepat apapun menyelesaikan mata kuliah, mahasiswa tersebut belum teruji dan belum tentu bisa cepat menyelesaikan skripsi.

Ibarat sebuah maraton, yang penting adalah finishnya. Buru-buru menyelesaikan mata kuliah namun lambat di skripsi juga tidak bisa cepat lulus. Jika kamu kalah dalam menyusun strategi skripsi, bisa jadi proses kelulusanmu akan di salip oleh mahasiswa yang biasa saja tapi rajin. Jadi kunci skripsi adalah rajin, namun juga harus tahu strategi mengerjakannya, tanpa itu akan banyak waktu terbuang percuma yang justru menghambat kelulusanmu.

Berikut kami berikan tips dan trik agar kamu bisa mengerjakan skripsi secara cepat dan tuntas



Kuliah Tidaklah Gratis, Ingat Biaya dan Harapan Orang Tua
Biaya pendidikan itu mahal, ingatlah bagaimana sulitnya orang tua mencari dana kuliah kamu. Makin lama kalian lulus makin mahal biaya sekolah dan juga biaya hidup. Orang tuamu pasti akan makin bersedih jika kalian telat lulus.

Tidak semua orang tua mampu membiayai pendidikan anaknya dengan mudah. Tak jarang untuk bisa kuliah mereka berjuang keras menyisihkan hasil dagang, uang gaji bulanan, atau bisa saja uang yang dikirimkan itu adalah uang hasil pinjaman.

Jika terlalu bersantai-santai dalam mengerjakan skripsi kuliah, bisa jadi kita termasuk anak durhaka yang tidak bisa memanfaatkan jerih payah orang tua kita.



Buat deadline sendiri disertakan peringatan yang membuatmu merasa rugi kalau menunda mengerjakan skripsi.
Perlu diketahui bahwa untuk bisa sukses kita harus memiliki target, tidak hanya dalam dunia kerja, namun juga sudah harus dimulai sejak jaman kuliah. Target penyelesaian skripsi salah satu contoh paling tepat bagi mahasiswa tahap akhir. Target bisa dibuat dalam bentuk ”time schedule” mingguan yang bermanfaat agar penyusunan skripsi itu bisa dilakukan  semaksimal mungkin dan tidak molor.

Jika bingung membuat time schedule, tips berikut ini bisa dicoba:


  1. Konsultasi dosen terkait jadwal dosen yang membimbing laporan skripsi kita.
  2. Atur jadwal sendiri untuk bimbingan dari  jadwal luang dosen tadi.
  3. Idealnya konsultasi bimbingan skripsi adalah ketika dosen selesai mengajar atau jam istirahat yang lumayan lama. Biasanya hari senin-rabu dosen sering sibuk dengan jadwal kuliah, namun setelah masuk hari kamis-jum’at, seringkali jadwal mulai longgar dan banyak jam kosong. Manfaatkan jam-jam seperti ini.

Mempelajari jadwal dosen pembimbing merupakan salah satu strategi menyelesaikan skripsi yang perlu diketahui. Dosen pembimbing adalah konsultan kita, harus rajin ditemui, dan jangan justru ditakuti atau malah dihindari.



Perlakukan dosen pembimbing macam gebetan. Cari tahu kesukaannya biar proses skripsimu jadi lebih gampang.
Sebagai mahasiswa kita tidak bisa memilih dengan dosen siapa kita akan mendapatkan pembimbing skripsi. Semua sudah diputuskan dari pihak jurusan atau fakultas. Kalau dapat dosen yang enak bersyukurlah skripsi bisa cepat selesai, kalau dapat dosen “killer” bersyukur juga karena kamu akan mendapatkan ilmu penting bagaimana bisa adaptasi dan mengikuti alur pikiran pembimbing yang bisa jadi kamu tidak sukai. Kelak ilmu seperti ini penting dalam dunia kerja.

Jika sudah mendapatkan dosen pembimbing belajarlah untuk mendekati dosen pembimbing, dan sampaikan keinginanmu terkait skripsi yang akan dibuat atau akan diselesaikan. Proses skripsi sebenarnya bisa lebih mudah jika kita mengajukan skripsi sesuai dengan usulan proyek dari dosen. Karena sedikit banyak kita akan terbantu dengan adanya proyek penelitian tersebut. Kita butuh cepat lulus, dosen juga butuh proyek penelitiannya cepat selesai. Jika tidak bisa menemukan kondisi ideal tersebut, maka jalan berikutnya adalah kamu harus pintar mendekati dosen pembimbing.

Tak ada salahnya kita belajar dari Asisten Dosen dan mahasiswa yang aktif dimana mereka cenderung lebih cepat saat menyelesaikan skripsi, bukan karena mereka hebat atau pintar sekali, namun karena mereka mendapat dosen pembimbing yang mudah ditemui dan banyak memberikan bantuan dalam menyelesaikan skripsinya.



Jangan terlalu idealis
Judul atau tema skripsi sebenarnya banyak, namun tak jarang banyak mahasiswa yang sering bimbang sampai memakan waktu berbulan bulan hanya untuk mencari dan memilih judul. Percayalah, tidak ada judul yang ideal, terlalu sulit untuk dikerjakan atau akan seterusnya mudah jika dikerjakan. Semua punya tingkat kerumitan tersendiri, apapun tema dan judulnya. Prinsipnya segera putuskan judul mana yang akan diajukan dan segera dikerjakan.

Kondisi yang sering terjadi, banyak mahasiswa cepat dalam studi mata kuliah, rata-rata selesai 4 tahun, namun untuk menyelesaikan skripsi jarang yang bisa selesai dalam 1 semester.

Untuk mempermudah dalam mengerjakan skripsi nantinya, hal paling mudah adalah mengambil judul dari apa yang kita pahami dengan baik dan ada di sekitar kita. Dari sini kamu tinggal menambahkan metode saja sudah bisa mengerjakan layaknya menyelesaikan mata kuliah saja.

Selain itu, hindari mencari judul yang terlalu sulit dan susah diselesaikan. Jangan terlalu idealis, khusus skripsi tahap S1 ambil saja prinsip yang penting cepat lulus, karena skripsi itu membuat penelitian ilmiah, bukan perlombaan mencari judul paling susah.




Pastikan kamu berada pada lingkungan mahasiswa yang ingin segera lulus jadi sarjana. Hindari dulu teman yang kegiatannya masih main saja.
Memilih teman saat menjadi mahasiswa tahap akhir ikut menentukan kapan kamu bisa lulus. Jika kamu sudah masuk tahap skripsi, maka banyaklah berkumpul dengan mahasiswa tahap akhir lainnya agar semangat dalam menyelesaikan skripsi. Selain itu jika bertemu dengan teman sesama proses skripsi maka bisa saling berbagi metode penyelesaian skripsi dan juga kendala yang sedang dialami, misalnya terkait literatur atau cara menghadapi dosen pembimbing. Hal ini bisa membantu kita mempercepat penyelesaian skripsi.

Selama skripsi banyak-banyaklah mencari teman seperjuangan yang bisa memotivasi kamu dan hindari teman yang jarang ke kampus karena bisa jadi racun yang menghambat penyelesaian skripsi.



Terakhir, kamu juga harus dong rajin berdoa minta penyertaan Tuhan. Ingat skripsi bisa selesai selain karena usaha tapi juga rahmat dari Yang Maha Esa.
Doa memiliki dua manfaat kaitannya dengan skripsi yaitu agar kita dimudahkan dalam menyelesaikan skripsi (sebagai orang beriman kita tentu yakin bahwa usaha tanpa doa adalah kesombongan), sedangkan disisi lain doa juga membuat kita secara psikologis lebih tenang menghadapi semua kendala kedepannya. Hal ini akan membuat kita lebih mudah dalam mengerjakan skripsi kita. Selain doa sendiri, doa orang tua juga sangat baik bagi kemajuan skripsi kita.

Skripsi merupakan ujian akhir proses perkuliahan agar bisa selesai dan menjadi seorang sarjana. Tidak mudah memang dalam mengerjakan skripsi. Ada faktor eksternal dan internal yang berpengaruh terhadap penyelesaian skripsi. Ulasan diatas bisa membantu anda manakala menghadapi kendala dalam skripsi agar kuliah bisa cepat selesai dan menjadi sarjana.

Demikian tips dan trik agar skripsi dapat cepat selesai. Bagi kamu yang sekarang manjadi mahasiswa tingkat akhir jangan galau lagi. Skripsi itu selesai karena dikerjakan. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

KOMENTAR

Nama

Dunia,6,Entertainment,6,Head,2,Headline,46,Inspirasi,7,Kesehatan,12,Kuliner,1,Lainnya,4,Life Style,30,Mahasiswa,1,News,13,Pendidikan,21,Sastra,2,Slide,2,Sosial,23,Teknologi,12,Tutorial,4,Wisata,4,
ltr
item
cahUnnes LOG: Tips dan Trik Jitu Agar Skripsi Cepat Selesai
Tips dan Trik Jitu Agar Skripsi Cepat Selesai
https://1.bp.blogspot.com/-ZfItcKnFkxA/WotvHoaMzhI/AAAAAAAAd6Y/eV5E9409P1kSV2FwC8e-2CgBh6ANuLaCQCLcBGAs/s640/SKRIPSI%2B00.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZfItcKnFkxA/WotvHoaMzhI/AAAAAAAAd6Y/eV5E9409P1kSV2FwC8e-2CgBh6ANuLaCQCLcBGAs/s72-c/SKRIPSI%2B00.jpg
cahUnnes LOG
https://log.cahunnes.com/2018/02/tips-dan-trik-jitu-agar-skripsi-cepat.html
https://log.cahunnes.com/
https://log.cahunnes.com/
https://log.cahunnes.com/2018/02/tips-dan-trik-jitu-agar-skripsi-cepat.html
true
8930219822854601423
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy